Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Guru MA Ikuti Pelatihan Online Nuklir Internasional

Guru MA Pembangunan, Fitriyuni Siregar, S.Pd. mengikuti pelatihan International IAEA-Argonne Regional Training Course on Train the Trainers on Nuclear Sciences in Secondary Schools, Senin (19-30/10). Training of Trainers (TOT) ini diadakan oleh IAEA (International Atomic Energy Agency) dan Argonne National Laboratory, Chicago, USA. Karena pandemi Covid-19, kegiatan yang seharusnya berlangsung di Chicago ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi meeting Bluejeans. Sebanyak lebih kurang 12 partisipan se-Asia Pasifik turut serta pada kegiatan ini. Pelatihan ini diadakan untuk melatih peserta dan pakar nasional tentang informasi penting mengenai nuklir serta bagaimana mengkomunikasikan pengetahuan tersebut kepada peserta didik dan guru lain di sekolah.

 

Selama 2 minggu, para peserta mendapatkan ilmu dasar dan ilmu penerapan nuklir, di antaranya  atom, radioaktif, dan reaksi nuklir.. Selain subjek tersebut, partisipan juga diberikan pelatihan keterampilan menyajikan presentasi yang menarik. Pada akhirnya, seluruh peserta ditantang untuk melakukan demonstrasi mengajar dan mengaplikasikan materi pelatihan. Mereka membuat materi ajar, simulasi alat, strategi pendekatan inovatif yang memungkinkan peserta didik untuk lebih dekat dan mengenal nuklir dengan baik sehingga stigma negatif nuklir dapat diubah menjadi ilmu yang dapat digunakan untuk mengembangkan nuklir ke depannya.

 

Fitriyuni mengatakan, “Saya bangga mewakili Indonesia, semakin bangga ketika para experts mengatakan kagum akan demonstrasi mengajar saya tentang “Kompetensi Global Nuklir: Risiko dan Keselamatan, Prinsip dan Praktik Pengelolaan Sampah”,  serta apresiasi atas kegiatan Hands-On “Drum Sampah Nuklir” Dave Grabaskas Ph.D, Micah Pacheco, Roxane Vilanueva dan Habibah”. 


Fitriyuni menambahkan, harapannya bisa berkunjung langsung ke Argonne National Laboratory di Chicago nanti.  Sungguh pengalaman ini sangat berharga dan sangat berguna, semoga bisa mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran di MA Pembangunan. [im]