Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

ANBK Aliyah Berlangsung Lancar

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) telah dilaksanakan dengan lancar, Senin- Selasa (27-28/9). Sebanyak 45 peserta didik kelas XI MIA dan IIS mengikuti ANBK di laboratorium komputer MP dengan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum melakukan tes, peserta tes dibimbing dan dilatih selama kurang lebih kurang 1 bulan.

 

Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Instrumen Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetisi Minimum (AKM) yang mengukur kemampuan literasi dan numerasi dengan sasaran responden kelas XI yang dipilih secara acak oleh Kemendikbud. Ada pula survei karakter dan survei lingkungan belajar yang dikerjakan oleh kepala madrasah dan dewan guru. Pelaporan hasil asesmen nasional tidak untuk individual peserta didik, tetapi diberikan kepada guru dan sekolah sebagai alat untuk melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran, serta tidak untuk mengukur prestasi peserta didik.

 

Siti Nahya Alfitri, XI IIS mengungkapkan suasana saat ANBK, sekitar jam 6.45 seluruh peserta sudah berkumpul di sekolah  dan mengantri untuk masuk ke lab. komputer. Pengaturan kursi diberi jarak. Secara umum kegiatan berlangsung dengan protokol kesehatan ketat, semua peserta dan panitia memakai masker. “Kami pun langsung pulang ke rumah masing-masing, tidak ada yang nongkrong.  Terkait pengerjaan, Alhamdulillah tidak ada kendala baik secara teknis maupun non teknis.” ucapnya. [im]