Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Asesmen Praktik

Selain melakukan asesmen madrasah berupa tes tulis, peserta didik kelas XII MA Pembangunan melaksanakan asesmen praktik, Senin-Kamis (27/3-6/4). Asesmen praktik tersebut merupakan rangkaian tes sumatif yang harus dilalui peserta didik kelas XII MIA dan IIS. Praktik Agama dan Bahasa dilakukan oleh seluruh peserta didik, sedangkan untuk peserta didik MIA terdapat tambahan mata pelajaran Biologi, Kimia dan Fisika.

 

Selama praktik agama, peserta didik diharuskan menghafal juz 30, melakukan shalat jenazah, wudhu dan tayamum, tahsin Al-Qur’an, dan lain-lain. Praktik kemampuan berbahasa meliputi bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris.Sedangkan keterampilan IPA diukur dengan melakukan praktik teknik dasar membuat larutan untuk Kimia, uji struktur tulang pada mata pelajaran Biologi dan mengukur menggunakan jangka sorong dan mikrometer skrup, menghitung konstanta pegas serta mengukur masa jenis benda pada mata pelajaran Fisika.


“Alhamdulillah, ujian praktik berjalan lancar. Saya ga ngerasa kesusahan karena saya udah nyiapin beberapa hari sebelumnya. Ujian juga selesai sesuai waktu yang ditentukan. Selama ujian, yang paling berkesan pas hafalan juz 30. Karena menurut saya dan teman-teman, saya itu yang paling susah. Pas maju untuk hafalan jadi deg-degan. Tapi seru sih jadinya.” ungkap Andi M. Alghifari Budimansyah (XII IIS 2). [im]