Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Awali Kegiatan Pembelajaran dengan Semangat Halalbihalal

MA Pembangunan Jakarta menggelar acara halalbihalal pada Kamis 18 April 2024 di halaman Madrasah. Kegiatan ini sekaligus menandai awal masuk kegiatan pembelajaran setelah libur Idul Fitri 1445 H. Acara diawali dengan salat dhuha bersama yang dimulai pukul 07.00 pagi hari dan dilanjutkan dengan ceramah dari Waka. Bidang Kurikulum, Bapak Yayat Hidayatul Muttaqien, M.Ag.

 

Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan tentang lima kebaikan dalam puasa yang berangkat dari surat Ali Imran ayat 133-134 yaitu “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”

 

Bapak Yayat menyampaikan beberapa keutamaan kebaikan dalam berpuasa yang pertama yaitu tidak mudah melakukan perbuatan dosa. Hal ini selaras dengan kalimat yang sering kita dengar yaitu “Setiap manusia tidak pernah luput dari dosa”. Maka dari itu, peran puasa di sini sangat penting karena ketika kita berpuasa, kita pasti akan berusaha menekan perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan atau mengurangi pahala berpuasa. Kedua, sikap yang terpuji, melanjutkan kalimat sebelumnya, ketika berpuasa kita akan berusaha menekan segala perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan dosa. Bagaimanakah cara seseorang menekan perbuatan dosanya? Jawabannya adalah dengan cara berbuat baik. Setiap orang akan berlomba-lomba melakukan perbuatan baik dengan harapan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Ketiga, berkata jujur. Salah satu sikap baik adalah berkata jujur. Bagi orang yang beriman, jujur adalah suatu sikap yang harus dipertahankan. Hal ini karena orang yang menjunjung kejujuran termasuk ke dalam golongan Ash Shiddiq (sifat jujur, berkata benar).

 

Dalam menutup ceramahnya Bapak Yayat menyampaikan bahwa semoga seluruh peserta didik MA Pembangunan dapat mengamalkan seluruh keutamaan kebaikan berpuasa di semua bulan tidak hanya di bulan Ramadan saja. [ER]