Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Debat Calon Presiden Millenial

Madrasah Pembangunan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-48 dengan berbagai macam kegiatan yang tidak hanya melibatkan guru dan karyawan tetapi peserta didik. Salah satunya adalah Lomba Debat Capres yang diperuntukkan unit MA. Kegiatan yang dilaksanakan secara offline di Aula Mukti Ali MP (24-25 Januari 2022) ini menempatkan Syifa Najla dan Ihya Razky (XII MIA 2) sebagai juara 1, Kevin Setiawan dan La Lutta Luki (XII IIS 2) juara 2, serta Bayu Aji dan Primo Thoriq (XI MIA 2) juara 3.

 

Delvi Andrizal, penanggung jawab kegiatan menyampaikan, diadakannya acara ini bertujuan membangun karakter critical thinking dan problem solving peserta didik, mengawal kebijakan presiden khususnya pada aspek pendidikan dan pembangunan, membentuk insan akademis yang kritis terhadap kebijakan pemerintah, mengembangkan kepiawaian peserta didik dalam berbicara dan berargumen di depan umum serta menghasilkan solusi-solusi yang relevan terhadap permasalahan pada kebijakan presiden.

 

Dalam rangkaiannya perlombaan ini, setiap peserta perwakilan kelas, diharuskan membuat esai terkait mosi atau tema yang telah ditentukan pada technical meeting. Namun penentuan tim pro atau kontra diundi pada saat perlombaan. Saat debat berlangsung setiap anggota tim diberikan waktu 4 menit untuk menjelaskan argumen dan data yang telah mereka kumpulkan. Meskipun lomba ini tergolong baru bagi peserta didik Aliyah, secara umum mereka mampu menunjukkan performa yang baik dengan penyampaian argumen yang kuat dengan etika berdebat yang baik.

 

Dr. Iding Rasyidin, M.Si. salah seorang juri lomba mengungkapkan bahwa debat yang berlangsung dapat menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi peserta didik  karena membekali peserta untuk menjadi insan yang literat dan mengasah keterampilan berbicara serta mencari informasi.

 

Syifa Najla (XII MIA 2) mengungkapkan, “Syifa dan Razky merasa, persiapan kami kurang maksimal dibandingkan tim lainnya.Tapi alhamdulillah dikasih kesempatan menang di lomba debat capres ini. Ketika mengikuti lomba ini kami merasakan dampak yang luar biasa dari diskusi yang terjadi selama pelajaran PKn. Kami sering berdiskusi tentang isu hangat seputar pemerintahan dengan Pak Zaki (guru PKn Aliyah). Harapan saya, semoga MP dapat terus membuat lomba seperti ini, supaya anak BS (Blue School/Aliyah) makin keren lagi dari segi pengetahuan bahkan soft skill seperti public speaking, attitude, leadership, dan lain-lain.” [im]

Link YouTube: https://youtu.be/kyAXqO4iJyA