Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Empat Peserta Didik Aliyah Lolos PTN Tanpa Tes

Diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri atau PTN tanpa harus mengikuti tes adalah impian dan merupakan kebanggaan bagi kebanyakan orang. Itulah yang dialami oleh Abid As Syakir (XII IIS 1), Samy Kherid (XII IIS 1), Alodia Ramadhanti (XII MIA 1) dan Raden Naufal Taufiqulhakim (XII MIA 2).  

 

Abid As Syakir diterima di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN. SNMPTN adalah salah satu jalur memasuki universitas dengan menggunakan nilai rapor, portofolio akademik, dan prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih. Abid harus bersaing dengan peserta didik lain dari seluruh Indonesia.

 

Samy Kherid diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Alodia Ramadanti diterima di Universitas Indonesia Jurusan Administrasi Rumah Sakit. Keduanya lulus di UI melalui jalur PPKB UI (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar Universitas Indonesia). Hanya sekolah yang memperoleh undangan dari UI yang dapat mengikuti seleksi. Setelah peserta didik mendaftar, dilakukan proses seleksi berdasarkan performance sekolah (prestasi alumninya di UI) dan kuota dari masing-masing program studi.  

 

Peserta didik lainnya yang diterima di PTN tanpa harus mengikuti tes adalah Raden Naufal Taufiqulhakim atau yang biasa disapa Agan. Agan diterima di IPB Jurusan Teknologi dan manajemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) melalui jalur ketua OSIS. Program ini adalah salah satu seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA. 

 


Agan mengungkapkan rasa syukurnya,  ”Alhamdulillah, sangat bersyukur bisa diterima di salah satu PTN favorit. Semua ini bukan hanya perjuangan saya sendiri, tapi berkat izin Allah SWT serta doa orang tua saya dan support para guru, juga Bapak Anas sebagai pembina OSIS. Tak ketinggalan adalah support dan kerja keras dari teman-teman OSIS periode 2018/2019,” ungkapnya.  [im] Ed.dW, 15 Juni 20