Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Jambore Riset dan Bakti Sosial

Peserta didik MA Pembangunan mengunjungi desa Sumurugul di Purwakarta dalam kegiatan Jambore Riset dan Bakti Sosial, Minggu-Selasa (18-20/12). Sebanyak 128 peserta didik dan 29 guru pembimbing tinggal di rumah warga dan merasakan kehidupan layaknya penduduk di sana. Selain itu, peserta didik melakukan penelitian berupa pengambilan data (praktik mata pelajaran Riset). Sebelumnya, mereka telah menuliskan Bab I hingga III  di madrasah. 

 

 

Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Desa Sumurugul. Hari selanjutnya, peserta didik dan pembimbing mulai mengambil data dalam menyelesaikan penelitian. Peserta lain melakukan perlombaan untuk menarik minat penduduk untuk menjadi informan penelitian. Selain itu, pihak madrasah juga memberikan bantuan sembako dan pakaian layak pakai untuk warga di sana. 

 


“Menurut aku, jambore riset kemarin seru banget dan sangat bermanfaat. Saya lebih akrab sama teman angkatan. Kita tahu hidup di desa itu seperti apa, khususnya saya lebih tahu tentang gizi penduduk di sana karena penelitian saya terkait gizi. Saya juga mendapatkan pengalaman tentang bagaimana kita harus menjaga sikap karena tinggal di rumah orang lain, melihat kebiasaan mereka seperti apa. Yang paling menarik, di homestay teman saya, di bak mandi nya ada ikan sapu sapu yang katanya untuk membersihkan baknya. Intinya banyak banget pengalaman dan keseruan di sana. Apalagi masakannya, jadi mau balik lagi ke Sumurugul.” ungkap Shafa Azwa (X MIA 2). [im]