Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Jumat Bersih MA Pembangunan

Peserta didik kelas X dan XI melaksanakan Jumsih (Jumat Bersih), Jumat (24/2). Mereka membersihkan ruangan kelas yang mereka tempati. Sedangkan pengurus OSIS dan MPK membersihkan koridor, ruang OSIS, hall, dan ruang TU. Jumat bersih ini merupakan kegiatan bulanan yang dilaksanakan setiap Jumat di minggu keempat. Di akhir kegiatan, pihak madrasah menyiapkan gorengan untuk peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas lelah mereka membersihkan kelas dan ruangan di madrasah. 

 

Beberapa dari mereka menyapu, mengepel lantai. Mereka juga mengelap lemari dari debu, membuang barang-barang yang tidak digunakan, membersihkan jendela dengan kain basah. Tidak hanya peserta didik perempuan, peserta didik laki-laki pun bersemangat melakukan kegiatan bersih-bersih.i. 

 

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa tanggung jawab peserta didik tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan terdekat mereka. Selain itu, guna membiasakan mereka untuk tidak hanya aktif membersihkan lingkungan sekolah tapi juga rumah mereka.


Niswah Naylatul Izzah (X MIA 2), “Saya senang dengan kegiatan ini. Kelas jadi lebih nyaman dan lebih bersih. Lebih sehat juga. Saya tidak merasa lelah, karena dilakukan bersama-sama teman satu sekolah.” ungkapnya. [im]