Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Kamishibai Peserta Didik MA di Acara ICS

Peserta didik MA Pembangunan melaksanakan ICS (I Can Speak) dengan menggunakan metode Kamishibai, Senin (8/2). Kamishibai adalah seni bercerita dengan gambar dari Jepang. Dalam kebudayaan Jepang, orang bercerita/berkisah melalui kertas. Pada kegiatan ini peserta didik bercerita dengan menggunakan slide yang diberikan H-2 sebelum ICS dilaksanakan. Peserta didik ditantang untuk bercerita dengan menggunakan beberapa bahasa asing. Dengan kegiatan ini diharapkan kemampuan berbahasa mereka semakin terasah.

 

Acara ini dipandu oleh OSIS MA Pembangunan dan perwakilan kelas sebagai pencerita-penceritanya. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.00 – 07.50 ini mengangkat cerita rakyat “Si Pitung”. Kisah ini dipilih agar peserta didik tetap mengingat kebudayaan lokal. Terdapat sekitar 14 gambar yang harus diceritakan dan disampaikan pesan moralnya kepada penonton.

 

“Acara ICS sangat bermanfaat dan menghibur sekali, di sela kesibukan kita menyelesaikan tugas sekolah. Bukan hanya sekadar cerita, tetapi juga mendapatkan nilai moral yang sangat berharga dari cerita rakyat tersebut. Pembawaan teman-teman saat bercerita menjadikan suasana lebih menyenangkan.” ujar Khayla Tiani, (kelas XI MIA 1). [im]