Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

KIR Kunjungi Yayasan Jalantara

Pada Kamis (23/6), rombongan KIR MA Pembangunan (KIR Blue School) melakukan kunjungan edukasi ke Yayasan Jalantara. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui proses pembuatan surfaktan seperti sabun mandi, sabun cuci tangan, shampo dari minyak jelantah. Abustomih, S.Si, kepala divisi riset Yayasan Jalantara, menemani peserta didik dalam kunjungan ini.

 

Kegiatan diawali dengan pembuatan pasta (base product) dari minyak jelantah yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan surfaktan dari pasta minyak jelantah. Minyak jelantah yang digunakan merupakan sumbangan dari warga di sekitar Yayasan Jalantara. Warga membawa minyak jelantah ke shelter pengumpulan minyak jelantah. Kemudian minyak jelantah dimasukkan ke dalam drum. Setelah itu, warga bebas mengambil surfaktan apa saja. Adapun yang biasanya diambil oleh warga adalah sabun cuci tangan dan sabun cuci piring. 

 

Asep Abdul Ghofar, pembina KIR Blue School menyampaikan, “Dengan kegiatan ini, harapannya KIR BS dapat membuat produk surfaktan sendiri dari minyak jelantah yang produknya dapat digunakan di lingkungan MA Pembangunan.” [im]