Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Adakan Proyek Kelas Dramatic Reading

MA melaksanakan program ICS (I can Speak) dengan format Dramatic Reading bertema “Detik-Detik Kemerdekaan Indonesia” secara daring melalui aplikasi Zoom, Senin (16/8). Tema tersebut diambil dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia dengan tujuan menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme peserta didik. Kegiatan yang dilaksanakan secara paralel angkatan ini menampilkan kelas X IIS 2, XI IIS 2 dan XII IIS 2.  

 

Dedi Santosa, M.Pd., penanggung jawab kegiatan mengungkapkan, Dramatic Reading merupakan kegiatan mengekspresikan naskah drama sebelum dipentaskan. Kegiatan ini menjadi tantangan baru bagi peserta didik karena menuntut kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum, melatih kemampuan berbicara dan mengekspresikan dialog pada naskah drama serta melatih kreativitas. Dramatic Reading menjadi proyek kelas yang melibatkan banyak petugas mulai dari sutradara, pemeran, editor musik; video; efek visual dan lain-lain. Proyek dramatic reading ini juga melatih kerjasama dan koordinasi yang baik di antara petugasnya. Seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari proses sampai tahap penampilan Dramatic Reading diharapkan menjadi pembelajaran yang bermakna serta menjadi stimulus bagi peserta didik bahwa berkarya dapat dilakukan kapan pun, di mana pun, dan dalam kondisi apa pun, termasuk masa pandemi.

 

Peserta didik yang menjadi petugas, menampilkan video berupa dialog drama menjelang kemerdekaan Indonesia. Dalam video berdurasi kurang lebih 15 menit , mereka mampu berlakon dengan baik dengan latar dan audio serta visual yang cukup baik. Dengan persiapan dan pendampingan guru sekitar 1 minggu, kegiatan ICS dengan format Dramatic Reading mampu memberikan nuansa lain dalam kegiatan pembelajaran daring.  [im]