Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Juara 1 Olimpiade Bahasa dan Sastra Indonesia

Peserta didik MA Pembangunan, Lathifah Kalya, Aulia Raudhatul, dan Chelsy Hakim (XI MIA & IIS) meraih juara 1 dalam Olimpiade Bahasa dan Sastra Indonesia (OBSI) tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia, Kamis (3/11). Mereka mengalahkan lebih kurang 20 peserta dalam tim yang beranggotakan 3 orang. Kompetisi ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UIN Jakarta. MA Pembangunan mengirimkan 2 tim sebagai perwakilan. Tim lain dengan anggota Dhania Afienie Wardhana, Falisha Nurul, Syifa Zavira Ika Andriani (X MIA) meraih juara harapan. 

 

 

Di hari pertama, peserta diminta mengerjakan soal-soal bahasa dan sastra Indonesia melalui CBT (Computer Based Test). Pada hari kedua, mereka menuliskan essay sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Peserta yang terpilih berlanjut pada debat tim. Keseluruhan kompetisi dilakukan secara berkelompok.

 


Elvira Rosiana, S.Pd., pendamping sekaligus pembimbing Olimpiade Bahasadan Sastra Indonesia mengungkapkan, “Juri yang terdiri dari pengurus Badan Bahasa Kemendikbud Ristek dan dosen PBSI (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) UIN Jakarta, menyampaikan bahwa Tim dari MA Pembangunan unggul dalam penulisan essay dan presentasi. Mereka mampu menyampaikan ide-ide mereka dengan teknik debat yang baik.” [im]