Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Melatih Kemandirian dengan Perjusa

Peserta didik MA Pembangunan (XI MIA dan IIS) melaksanakan Perjusa (Perkemahan Jumat dan Sabtu) di Perkemahan Telaga Rusa, Ciseeng Bogor  (3-4/03). Berangkat dengan menggunakan tronton, peserta didik sampai di perkemahan pada pukul 08.00 WIB. Seluruh kegiatan yang direncanakan oleh panitia terlaksana sesuai dengan jadwal. Hal tersebut merupakan upaya menumbuhkan kedisiplinan kepada peserta didik.  

 

Kegiatan diawali dengan Post To Post, yaitu peserta Perjusa diharuskan mengunjungi beberapa pos yang terdiri dari pos sandi, semaphore, tandu, dan pengisian SKU. Setelah itu, mereka melakukan praktik survival berupa membuat tenda. Dilanjutkan dengan mempersiapkan makan malam melalui lomba memasak. Panitia melakukan penilaian terhadap makanan dan presentasi peserta didik. Pada malam hari mereka membuat api unggun dan melakukan jurit malam. Selesai istirahat, peserta dan panitia melaksanakan tahajud yang diteruskan dengan shalat Subuh berjamaah. Pada pagi hari, mereka disibukkan dengan games ketangkasan. Beberapa permainan tersebut membutuhkan kekompakan dan kelihaian mereka dalam menyelesaikan misi.

 

Nisrina Ramadhani Hasri (XI IIS 1) mengungkapkan, “Acara Perjusa kemarin seru. Kita harus masak sendiri. Game-game nya juga menarik, tapi kurang lama. Yang bikin kurang nyaman, badan jadi lengket karena kena matahari seharian.” [im]