Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Mengadakan Psikotes

MA Pembangunan mengadakan psikotes untuk peserta didik kelas XI dan XII secara daring bekerjasama dengan LP2K (Lembaga Psikologi Penjurusan dan Karir), Senin (30/4). Psikotes adalah tes yang dilakukan oleh psikolog untuk mendeskripsikan secara utuh tentang aspek-aspek psikologis seseorang agar dapat memberikan gambaran pada setiap individu yang mengikuti tes tersebut.

 

Psikotes kali ini dilaksanakan dengan menggunakan 2 perangkat, satu perangkat untuk login pada tes dan perangkat lain bergabung dalam zoom. Hal tersebut guna memudahkan tester (penguji) dalam memberikan arahan dan instruksi dalam mengerjakan tes. Selain itu, terjadi banyak kendala seperti kesulitan peserta untuk login, halaman web yang tidak berubah dan lain-lain. Peserta psikotes jadi lebih mudah dalam menyampaikan kendala mereka sehingga dapat cepat teratasi.

 

Ketua panitia, Ratu Amirotun Mustaqimah, S.Psi. mengungkapkan bahwa kegiatan psikotes kelas XI difokuskan untuk memberikan gambaran pada peserta didik terkait minat dan bakat mereka. Sehingga dapat membantu peserta didik dalam menentukan jurusan perkuliahan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Sedangkan untuk kelas XII, fokus pada studi lanjutan. Hasil dari psikotes mereka memberikan rekomendasi  jurusan perkuliahan berdasarkan hasil isian mereka.

 

Evan Praditya (XI IIS) menyampaikan, “Psikotes ini bermanfaat, saya bisa mengetahui minat dan bakat saya serta ke depannya akan bagaimana. Saya juga bisa mengembangkan diri melalui hasil psikotes ini. Selain itu, sebagian besar hasil psikotes sesuai dengan kepribadian saya.”  [im]