Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Pembangunan bekerjasama dengan mahasiswa Psikologi UIN Jakarta mengadakan seminar “Stop Bullying, Start Caring"

Untuk mencegah terjadinya aksi bullying di sekolah, MA Pembangunan bekerjasama dengan mahasiswa Psikologi UIN Jakarta mengadakan seminar “Stop Bullying, Start Caring”. Seminar tersebut dilaksanakan di Aula Andalusia pada hari Senin, 15 Januari 2020. Siswa kelas XI IIS dan MIA menjadi peserta pada kegiatan kali ini. Mereka mendapatkan informasi mendasar mengenai apa itu bullying, jenis-jenis bullying, serta bagaimana menyikapinya.

 

Seminar dibagi menjadi 2 sesi. Sesi yang pertama menghadirkan Dr. Risanti Kolopaking, M.Si. sebagai pembicara utamanya. Dr. Risanti mengatakan bahwa, “Sebuah tindakan dapat disebut bullying meskipun diniatkan sebagai candaan tapi ternyata melukai hati orang yang diajak bercanda.” Hal tersebut mungkin yang kerap terjadi di masyarakat, lelucon yang berujung bullying. Bahkan mungkin orang yang diejek mencoba menutupi perasaan sakit hatinya dengan mengatakan pada dirinya bahwa rasa tersinggung atau sakit hati yang dia rasakan berlebihan. Sehingga perlahan lukanya menjadi gunung es yang siap meledak dan mengganggu kesehatan mentalnya. 

 

Sesi kedua adalah sharing session. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh beberapa mahasiswa Psikologi UIN. Bersama kelompoknya, peserta didik berbagi pengalaman mengenai bullying. Selain itu, peserta didik juga dimintai pendapat seputar bullying.

 

Hanuria Annisa, peserta didik kelas XI IIS 2 mengatakan, “Sebuah kegiatan yang cukup menyegarkan. Narasumbernya menyampaikan materi dengan cukup jelas. Kakak mahasiswanya juga ramah.” [im]