Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Pembangunan Gagas Program Pembinaan Hari Jum’at

Dalam upaya menanamkan kecintaan pada Al-Qur’an, MA Pembangunan merumuskan program baru yang dilaksanakan pada Jumat pekan ke-2 dan 4 setiap bulannya. Program tersebut bernama Pembinaan Hari Jumat yang telah terlaksana pada Jum’at (6&20/1). Seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII mengikuti dengan penuh antusias. 

 

Kegiatan diawali dengan tadarus, peserta didik membaca beberapa ayat Al-Qur’an dan guru pendamping memberi masukan bila ada tajwid atau makhraj huruf yang belum sempurna. Setelah itu mereka membaca terjemah ayat dengan lantang pula. Guru yang menemani membahas salah satu ayat pilihan dan mendiskusikannya bersama. Kegiatan diakhiri dengan kultum dan doa. Satu orang guru mendampingi sekitar 15-17 orang. Dibuat kelompok kecil agar seluruh peserta didik dapat terpantau aktivitasnya. 

 

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Yayat Hidayatul Muttaqin, menyampaikan bahwa madrasah ingin agar setiap lulusannya tidak hanya mampu dan pandai membaca Al-Qur’an dengan baik, tapi juga mampu memaknai apa yang telah mereka baca sehingga kecintaan mereka terhadap Al-Qur’an semakin bertambah yang menjadikan ketaqwaan mereka kepada Allah SWT semakin kuat. [im]