Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MA Rutin Khataman Alquran Bulanan

Membaca Alquran merupakan kewajiban setiap muslim. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Shad ayat 29, “Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah, supaya mereka mentadabburi (memperhatikan) ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.” Ayat inilah yang menjadi dasar dan dorongan MA Pembangunan mempunyai program Khataman Alquran Bulanan bagi guru dan karyawannya.

 

Tujuan program Khataman Alquran di MA Pembangunan, di antaranya untuk membiasakan sivitas akademika MA Pembangunan cinta dan gemar membaca Alquran, memberikan teladan bagi peserta didik bahwa dewan guru istiqamah dalam membaca dan mengkhatamkan Alquran. Selain itu, program ini merupakan upaya mewujudkan salah satu profil lulusan MA Pembangunan yakni pandai dan mahir dalam membaca Alquran serta menanamkan nilai-nilai spiritual Alquran dalam jiwa setiap guru dan karyawan.

 

Program ini sudah dilaksanakan selama lebih kurang  satu tahun. Guru dan karyawan setiap bulannya membaca 1 - 2 juz. Pada minggu keempat setiap bulan diadakan khataman Alquran di rumah salah seorang guru.. Selama pandemi, khataman Alquran diadakan secara daring melalui Zoom Meeting bersamaan dengan briefing mingguan.

 

Khataman Alquran ini tidak hanya dilakukan oleh dewan guru dan karyawan. Di beberapa kelas. peserta didik juga mengadakan kegiatan yang sama. Peserta didik dan wali kelas membaca 1 – 2  juz per bulannya. Khatamannya diadakan pada saat pengajian bulanan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

 

Zakariya, M.A., kepala MA Pembangunan mengungkapkan, “Adapun yang ingin diraih dalam program khataman tersebut adalah mencari ridha Ilahi dalam menjalani kehidupan di dunia yang singkat dan fana ini, mendapatkan keberkahan hidup, meraih prestasi yang baik dalam bidang akademik dan nonakademik, serta MA Pembangunan dapat maju dan sukses bersama Alquran di bawah naungan, bimbingan, dan petunjuk Allah swt.”

 

Ubay Baijuri, S.Pd.I selaku koordinator Khataman Alquran mengatakan, “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilestarikan dan istiqomah, mengharap berkah dan rida dari Allah swt. Mudah-mudahan setiap huruf yang kita baca menjadi syafaat di hari akhir nanti. Amiin ya robbal 'alamin. Wallahu a'lam.”

 

Penanaman karakter cinta Alquran harus dimulai dari dewan guru. Bila guru dapat memberi teladan membiasakan khataman Alquran, insya Allah peserta didik akan melihat dan mengikutinya. [im]