Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Melaksanakan Ujian dengan 2 Device

MA Pembangunan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS), Sabtu (30/11) sampai dengan Jumat (11/12) dengan menggunakan 2 device. Adapun device yang digunakan adalah laptop dan gawai. Laptop digunakan untuk mengerjakan ujian dalam format CBT sedangkan gawai untuk bergabung dalam zoom. Kamera zoom diarahkan ke layar laptop, sehingga pengawas dapat memantau aktivitas peserta ujian. Orang tua/wali peserta didik kelas X, XI, dan XII mendukung program ini. Namun demikian, tercatat 3 peserta didik mengalami kesulitan dengan penggunaan 2 perangkat. 

 

Secara umum, PAS berlangsung dengan baik dan lancar. Adapun kendala yang dihadapi selama ujian adalah jaringan yang terkadang  kurang stabil, baik di rumah peserta didik maupun di server Aliyah. Untuk mengatasi permasalahan di server Aliyah, panitia mengantisipasinya dengan peningkatan kapasitas server dan pemetaan mata pelajaran ujian yang disebar secara merata. Misalnya, mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris yang berkapasitas besar karena terdapat equation dan listening dijadwalkan di hari yang berbeda.

 

“Memakai 2 device cukup memberatkan karena terkadang koneksi jadi bermasalah. Saya lebih nyaman ujian secara offline,” ungkap Rahma (XII MIA 1). Di sisi lain, penggunaan 2 perangkat ini dinilai paling efektif dalam menjaga nilai kejujuran peserta didik. [im]