Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

MP Edu Expo: Sarana Mengapresiasikan Karya Peserta Didik

Dalam rangkaian HUT MP ke 46, Madrasah Pembangunan UIN Jakarta mengadakan MP Edu Expo pada tanggal 10 - 11 Januari 2020. Perhelatan tersebut dilaksanakan di lapangan Madrasah Pembangunan. Sebanyak kurang lebih  15 booth menyajikan kumpulan karya peserta didik Madrasah Pembangunan UIN Jakarta dari tingkat TK, MI, MTs sampai MA.

 

Dalam MP Edu Expo tergambar apa yang telah dilakukan peserta didik selama beberapa semester yang lalu. Karya yang ditampilkan merupakan proses pembelajaran yang termonitor oleh dewan guru. Sehingga setiap produk atau bahkan setiap project merupakan usaha yang patut diapresiasi.  

 

3R sepertinya menjadi tema pameran karya siswa tahun ini untuk tingkat TK dan MI. Hal tersebut terlihat dari karya-karya yang ditampilkan di booth mereka. Alat-alat transportasi yang terdiri dari transportasi darat, laut dan udara terbuat dari barang-barang bekas di booth TK. Tersedia pula photo booth bertema bis yang eye – catching dan instagramable.  Sedangkan karya yang dipajang di booth MI adalah karya-karya peserta didik yang terbuat dari barang-barang bekas berupa pajangan, mainan, frame, bahkan ada yang bernilai jual.

 

MTs dan Aliyah menggunakan eksperimen sebagai salah satu sarana menunjukkan kemampuan peserta didiknya seperti lumpur hisap, tangan terkena api tapi tidak terbakar, menilai gizi dan lain-lain. Kemajuan teknologi pun dipamerkan dalam pameran tahun ini yaitu senter tanpa baterei. Pengunjung juga dimanjakan dengan karya siswa berupa novelet berbahasa Inggris dan Indonesia serta budaya Negara lain seperti Jepang.   

 

“Tujuan utama MP Edu Expo adalah sebagai salah satu kegiatan dalam rangka melaporkan kepada orang tua pada khususnya dan civitas akademika MP pada umumnya mengenai hasil karya,  produk, dan lainnya dari peserta didik sebagai salah satu portofolio selama proses pembelajaran sebelummya, yang secara umum merupakan hasil proses belajar Project based learning mereka.” ucap pak Wafa selaku Panitia. [im]