Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Pelaksanaan PAT CBT Online Saat Tatap Muka

MA Pembangunan melaksanakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) pada 30 Mei - 9 Juni. Sebanyak 108 peserta didik kelas X dan XI mengikuti ujian online di ruangan yang telah disediakan. Adapun perangkat yang digunakan adalah laptop dengan aplikasi CBT Madrasah sebagai media ujiannya. 

 

Seperti diketahui, PAT merupakan salah satu cara dalam mengukur kemampuan dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, sebagai sarana mengevaluasi kegiatan belajar peserta didik secara akademik di Madrasah. Hasil dari evaluasi ini ke depannya dapat dijadikan umpan balik untuk meningkatkan kompetensi akademik mereka. 

 

Disampaikan oleh panitia, kendala selama PAT berlangsung adalah konektivitas internet madrasah yang lemah dan tidak stabil. Hal tersebut dikarenakan ini adalah kali pertama madrasah mengadakan ujian online secara tatap muka. Keamanan jaringan wifi pun belum baik sehingga tidak semua device dapat terhubung. Namun, kendala tersebut terjadi di hari pertama dan kedua ujian saja karena pihak madrasah cukup sigap dalam menangani masalah tersebut. Selanjutnya, peserta didik dapat mengikuti ujian dengan lancar.  

 

Farrelia Tsamara Rahmadhanti, XI IIS, mengungkapkan, “Alhamdulillah, PAT offline lancar walaupun ada kendala jaringan di sekolah. Tapi, so far so good buat pengalaman PAT offline pertama.” [im]