Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Pelatihan dan Kompetisi Tie Dye

Dalam rangka mempromosikan MA Pembangunan kepada peserta didik MTs/ SMP, dilaksanakan Workshop dan Kompetisi Pembuatan Kain Tie-Dye pada Sabtu (15/10) di hall MA Pembangunan. Tercatat 9 peserta dari 3 sekolah mengikuti kegiatan yang merupakan rangkaian Funtastic BS 2022 ini. SMP Al Fath meraih juara 1, MTs Pembangunan juara 2 dan SMPI Ruhama menempati juara 3. 

 

 

Selain menjadi sarana promosi, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan ekskul KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) kepada peserta. Anggota KIR yang dikoordinatori Faiz Jauhari (XI MIA 1),  membantu proses pelaksanaan Tie Dye. Mereka merancang alat dan bahan, mempersiapkan cairan pewarna beserta kaosnya, menata tempat kegiatan hingga menemani peserta dari awal hingga akhir kegiatan. Mereka menjadi duta Aliyah pada pelatihan dan lomba Tie Dye. 

 


Fitriyuni Miralda Siregar, juri pada kompetisi Tie Dye, merupakan juara 1 JMC 2022 (Jakarta Madrasah Competition) yang dalam karyanya mengangkat Best Practice Tie Dye dengan bahan-bahan alami mengungkapkan “Tie Dye (ikat celup) adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain sebelum dilakukan pencelupan menggunakan zat pewarna. MA Pembangunan UIN Jakarta, dalam hal ini ekskul KIR mengajak peserta didik dari berbagai sekolah untuk mencoba mengaplikasikan bahan yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari. Hasilnya, para peserta menikmati acara dan memperoleh ilmu baru terkait teknik membatik. Kami berharap agenda ini dapat bermanfaat dan mampu memperkenalkan tradisi membatik kepada generasi muda.” [im]