Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Penguatan Bahasa Arab: Mudah dan Menyenangkan

Keterampilan menggunakan Bahasa asing merupakan salah satu profil lulusan Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Guna memenuhi harapan tersebut, dilaksanakan program Pemantapan Bahasa Arab pada tanggal 9 – 12 Maret 2020 di gedung Madrasah Aliyah Pembangunan. Adapun yang menjadi peserta kegiatan kali ini adalah seluruh peserta didik kelas X IIS dan MIA. Terdapat 6 tenaga pengajar pada kegiatan ini dari Pusat Bahasa UIN Jakarta.

 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik MA Pembangunan secara aktif, baik dalam hal berbicara, berkreasi, berinovasi dan berkolaborasi dengan peserta didik lain. Hal tersebut diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk terus bersemangat dalam mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu mudah sesuai dengan tema kali ini “Mudah dan Menyenangkan’.  

 

Materi yang disajikan pada penguatan Bahasa Arab berupa Isim, fi'il dan huruf, isim nakiroh dan ma'rifat, 'adad (hitungan). Penyampaian materi dikemas dengan ice breaking dan permainan permainan menarik sehingga membuat  peserta didik senang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan ini.

 

Salah seorang peserta didik berpendapat, “Secara keseluruhan kegiatan ini seru banget. Apalagi teman sekelasnya diacak semakin terasa kekompakan teman satu angkatan. Guru-guru bahasa arabnya seru, kece abis, sering main game dan ga bikin bosen.” ungkap Yasmin Deshinta Ramadanti kelas 10 IIS 1.

 

Dengan dilaksanakannya program pemantapan ini, diharapkan peserta didik MA Pembangunan mampu dan terampil menggunakan Bahasa Arab dalam keseharian mereka di sekolah.[im]