Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peningkatan Kompetensi Guru se-Indonesia

Salah satu kunci penting dalam mutu pendidikan adalah meningkatnya kompetensi guru. Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru, 2 orang guru MA Pembangunan, Denden Permana Sidik dan Yanuar Anas Bolkiah, mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru se-Indonesia, Selasa-Kamis (16-19/3) di Cirebon dan Senin-Kamis (29/3-1/4) di Bogor. Kegiatan ini diselenggarakan oleh GTK Madrasah Kemenag secara offline dengan protokol kesehatan yang ketat. 

 

Guru diharapkan tidak hanya pandai mengelola pembelajaran di kelas namun juga mahir dalam mendesain pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Selain itu, guru mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas, penulisan jurnal artikel ilmiah dan mempublikasikannya ke dalam jurnal nasional maupun internasional.

 

Denden Permana Sidik mengungkapkan bahwa guru matematika harus mampu mengajarkan matematika di abad 21 dengan berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. Guru pun menjadi agen moderasi beragama di Indonesia dalam nilai wasatiyyah (keseimbangan antara keyakinan yang kokoh dengan toleransi) dan tafaqquh fiddin (mempelajari apa yang telah diturunkan Allah). [im]