Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Pesantren Kilat untuk Pendalaman Materi Agama Islam

Pesantren kilat merupakan kegiatan yang lazim dilakukan sekolah dalam rangka mengisi bulan Ramadan. Tujuannya adalah agar menjadikan peserta didik lebih paham agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memeriahkan bulan suci Ramadan 1445 H, MA Pembangunan menggelar kegiatan Smart Ramadan yang dihadiri oleh 130 peserta didik kelas XI, 13 guru pendamping, serta dihadiri oleh Kasubdit. Bidang PAUD yaitu Bapak Tanenji, M.A. Smart Ramadan berlangsung selama tiga hari dua malam, 29 – 31 Maret 2024 di Pesantren Darul Muttaqien Parung, Bogor.

 

Kegiatan ini dimulai dengan salat dhuha berjamaah, lalu dilanjutkan dengan pembukaan acara secara resmi oleh Kepala Madrasah. Smart Ramadan kali ini bertema “Ramadan Beretika: Anggun Dalam Moral, Unggul Dalam Intelektual”. Kegiatan ini diisi dengan materi-materi keagamaan yang disampaikan oleh guru-guru MA Pembangunan, dan dikonsep menjadi 4 kelompok belajar dengan sistem moving class. Selain itu, malam kedua dilanjutkan dengan ceramah atau motivasi dari Ustadz Fadhlurrahman, S.Pd.I., CHC., CPSM yang bertema “Menjadi Siswa yang Berakhlak dan Intelektual.”

 

Dalam kesempatan kali ini Kepala Madrasah, Bapak Zakariya, M.A. menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Harapannya adalah semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Alasan kami memilih pesantren untuk dijadikan lokasi Smart Ramadan karena harapan kami peserta didik dapat merasakan bagaimana suasana lingkungan pesantren dan agar anak-anak lebih mendalami perannya sebagai santri walaupun hanya beberapa hari saja.” [ER]