Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peserta Didik MA Ikuti Psikotes Minat Bakat Online

MA Pembangunan mengadakan Psikotes Kelanjutan Studi untuk kelas XII pada Selasa (20/10) dan Psikotes Minat Bakat untuk kelas XI pada Senin (26/10) secara daring dan dipantau melalui Zoom. Kegiatan ini bekerja sama dengan Layanan Psikologi Penjurusan Karir (LP2K). Tujuan psikotes ini, agar peserta didik memiliki gambaran mengenai minat dan bakat yang mereka miliki serta memberikan gambaran program studi yang tepat ketika mereka melanjutkan ke perguruan tinggi. 

 

Pada pelaksanaan psikotes online, peserta didik diharuskan login melalui aplikasi yang telah disediakan oleh LP2K dengan memasukkan nomor token yang telah diberikan. Selanjutnya, mereka menjawab kurang lebih 100 pertanyaan. Adapun pertanyaan- pertanyaannya adalah seputar tes intelegensi, minat bakat, penjurusan dan gaya belajar. 

 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 – 12.00 WIB ini mengalami beberapa kendala, di antaranya jaringan wifi yang tidak stabil, baik dari peserta didik dan tester dan nomor token yang sempat tidak bisa digunakan oleh peserta didik ketika login.

 

Sabrina Valencia (XII IIS 2), mengungkapkan, “Menurut saya, akan lebih efektif bila psikotes dilaksanakan di sekolah supaya tidak nyontek.  Jadi hasilnya valid. Tapi, karena saya  mengerjakan psikotes online sendirian di ruangan, jadi bisa lebih fokus. Semoga hasil psikotesnya valid.” [im]