Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peserta Didik MA Semakin Mendalami Alqur’an

MA Pembangunan mengadakan matrikulasi Alquran untuk peserta didik kelas X MIA/IIS secara daring, Senin-Rabu (21-23/3). Dr. KH. Syarif Rahmat RA, S.Q., MA menjadi narasumber dan dibantu dengan Ubay Baijuri, S.Pd.I., Nashihatul Muthadina, Hj. Saidah Nafisah, S.Pd.I dan Zara Fauziah, S.Pd. yang memantau dan membimbing peserta didik dalam kelompok.  

 

Tujuan matrikulasi Alquran adalah untuk pemetaan kemampuan membaca Alquran, peningkatan motivasi membaca Alquran, peningkatan intensitas membaca Alquran, dan berkurangnya peserta tahsin (kegiatan membaguskan bacaan Alquran). Jenis kegiatan matrikulasi Alquran ini berupa pemberian motivasi agar peserta didik lebih mencintai Alquran dan pendalaman materi tentang hukum-hukum tajwid sehingga kualitas bacaan Alquran peserta didik menjadi lebih baik lagi. Selain itu, peserta juga dibekali dengan modul yang berisi hukum tajwid berupa makharijul huruf, nun sukun dan tanwin, mim sukun, mad dan lain-lain.

 

Sebelum pelaksanaan matrikulasi, dilakukan pre-test. Peserta didik membaca beberapa ayat Alquran dan menjawab pertanyaan berupa tajwid pada aplikasi Quizziz. Kegiatan diakhiri dengan post-test guna mengetahui perkembangan pemahaman peserta. Rif’atunnaily Al Masturi, S.Kom., panitia kegiatan, menyampaikan bahwa terdapat perubahan yang lebih baik dari segi membaca Alquran dan tajwid. Hal tersebut terbukti dari hasil pre-test dan post-test yang telah dilaksanakan seluruh peserta. [im]