Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Peserta Didik Pelajari Nuklir Melalui Kunjungan Virtual BATAN

Pada Senin dan Kamis, (26/04 dan 29/04), MA Pembangunan mengadakan kunjungan virtual ke BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional).  Kunjungan tersebut diikuti peserta didik kelas X dan XI. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang teknologi nuklir serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kegiatan diawali dengan tur ruangan yang menyajikan sejarah nuklir dalam bentuk foto dari masa ke masa. Setelah itu peserta didik diedukasi mengenai kegunaan nuklir. Disampaikan manfaat nuklir dalam  pangan/pertanian, kesehatan, industri, sumber daya alam dan lingkungan. Disediakan pula alat deteksi radiasi untuk mengetahui kadar radiasi pada suatu benda. Hal tersebut memberikan pemahaman agar tidak perlu takut terhadap radiasi. Karena radiasi ada di sekitar kita namun dalam jumlah kecil. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuis berhadiah. Peserta didik begitu antusias mengikuti kegiatan ini.

 

Farras, XI MIA 2 menyampaikan, “Setelah mengikuti kunjungan virtual ini, saya jadi tahu manfaat nuklir bagi kehidupan. Dan nuklir itu tidak selamanya buruk dampaknya bagi kita. Kunjungan ini juga menambah ilmu tentang nuklir, radioaktif, jenis-jenis radiasi dan lain-lain.” [im]