Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Presentasi Karya Tulis Ilmiah (Riset) Peserta Didik MA Pembangunan

Senin (10/5) kelas X dan XI MA Pembangunan Jakarta melakukan presentasi karya Tulis Ilmiah (Riset) yang telah mereka buat.

 

Riset adalah program unggulan dan distingsi Madrasah Aliyah Pembangunan dimulai dari Tahun Pelajaran 2026/2027. Sejak saat itu, riset mulai masuk ke dalam struktur kurikulum madrasah dalam bentuk mata pelajaran muatan lokal, serta menjadi salah satu profil lulusan MA Pembangunan, yaitu menjadi peneliti pemula yang andal. 

 

Pada mata pelajaran riset ini peserta didik diberikan pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan diarahkan untuk melakukan penelitian yang sesuai dengan kemampuan tingkatnya. Peserta didik selama satu tahun ajaran dikenalkan dengan permasalahan-permasalahan yang dapat dijadikan objek penelitian beserta pula dengan sistematika penulisannya. Selain itu, mereka diajarkan cara mengupas permasalahan yang dipilih untuk dijadikan bahan penelitian. Selama proses penulisan karya tulis ini, peserta didik didampingi oleh guru pembimbing, guru riset, dan guru Bahasa Indonesia.

 

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini riset kelas X menjadi bagian dari P5P2RA pada Kurikulum Merdeka di MA Pembangunan. Mereka melakukan penelitian pada 10 – 11 Desember 2023 di Desa Cicadas, Subang, Jawa barat. Selanjutnya, proses penelitian kelas XI dilakukan seperti pada tahun-tahun sebelumnya, yaitu peserta didik memilih tema penelitian yang berhubungan dengan permasalahan yang terdapat di sekitar mereka. Mereka biasanya mengangkat tema masalah sosial remaja, kesenjangan sosial, pola asuh orang tua, perundungan, minat belajar, dan lain sebagainya.

 

Pada Kamis, 10 Mei 2024, peserta didik mempresentasikan hasil dari karya tulisnya di depan penguji secara serentak. Presentasi Karya Tulis Ilmiah dibagi menjadi enam ruang dan dimulai pada pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB. Haru dan bahagia menyelimuti raut wajah peserta didik yang telah selesai mempresentasikan laporan hasil penelitiannya. Hal ini menandakan bahwa usai sudah rangkaian PAT di MA Pembangunan Tahun Ajaran 2023/2024.

 

Bapak Ahmad Shohibul Wafa ZA, M.Pd. selaku Koordinator Riset MA Pembangunan menyampaikan, “Tujuan adanya riset ini yaitu agar lulusan MA Pembangunan dapat mengenal riset sejak usia remaja (masa-masa duduk dibangku di sekolah), sehingga mereka sudah terbiasa dan terbantu saat melaksanakan tugas-tugas dalam bentuk penelitian di perguruan tinggi nantinya. Selain itu, dengan riset tersebut juga peserta didik belajar dilatih untuk berpikir kritis dan kreatif, berkolaborasi dalam menemukan masalah di sekitar lingkungannya kemudian mencari solusi dengan melakukan penelitian sederhana terhadap tema masalah yang telah ditentukan.” [ER]