Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

PTS MA Gunakan Software CBT Keamanan Lebih Ketat

PTS (Penilaian Tengah Semester) ganjil MA Pembangunan tahun pelajaran 2022/2023 dilaksanakan pada 26 September - 7 Oktober. PTS dilaksanakan secara offline dengan menggunakan sistem CBT. Adapun perbedaan yang signifikan dari PTS kali ini adalah penggunaan aplikasi yang mengharuskan peserta didik mengunduh software CBT. 

 

 

Digunakannya aplikasi baru dalam PTS kali ini guna membuat keamanan ulangan menjadi lebih ketat. Peserta didik tidak dapat membuka aplikasi sebelum panitia melakukan reset dan login untuk setiap mata pelajaran yang diulangankan. Panitia juga dapat memantau pengerjaan soal peserta didik, sehingga meminimalisasi jawaban yang tidak terekam yang dapat merugikan peserta didik. 

 

 

Di awal pelaksanaannya, banyak kendala yang terjadi walaupun panitia telah mengadakan simulasi untuk mensosialisasikan dan menguji coba penggunaan aplikasi tersebut. Adapun permasalahan yang muncul adalah sinyal internet yang tidak stabil dan masih tergopohnya peserta didik dengan sistem yang baru. Hal tersebut dapat diatasi dengan tanggapnya panitia dengan mengkomunikasikan segera ke peserta didik yang gagal login selama PTS.  

 


Dalam PTS kali ini pun, panitia lebih detail dalam tata tertib peserta didik. Disebutkan jenis-jenis kecurangan akademik yang mudah dipahami peserta didik sehingga tidak ada celah bagi peserta didik untuk melakukan kecurangan selama PTS. [im]