Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Remaja Peneliti yang Berjiwa Sosial

Peserta didik Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta melaksanakan Jambore Riset dan Bakti Sosial (JRBS) di desa Sumurugul, Purwakarta, (16-19/12). “Care and​ Scientifically Confident” ​diambil sebagai tema program tahunan MA Pembangunan UIN​ Jakarta kelas X tahun ini.​  

Peserta didik tinggal di rumah penduduk selama 3 hari. Mereka harus mampu beradaptasi dengan orang tua asuh mereka. Mulai dari makanan yang mungkin berbeda dari yang disajikan di rumah mereka hingga bahasa yang digunakan sehari-hari. Budaya yang sudah pasti berbeda ini mampu diatasi oleh peserta didik dengan baik.

Sebagai Madrasah Riset, Madrasah Aliyah memantapkan ikhtiarnya dengan melakukan Jambore Riset. Tujuan Jambore Riset ini adalah mengaplikasikan teori yang telah didapat peserta didik kelas X selama 1 semester. 

Pengambilan data di Desa Sumurugul berlangsung lancar. Hal tersebut dikarenakan masing-masing kelompok didampingi guru riset dan guru pendamping telah merampungkan bab 1 hingga bab 3, termasuk instrumen penelitian. 

Ketika seluruh data penelitian sudah rampung, seluruh kelompok mempresentasikan hasil Riset didepan guru dan peserta didik lain. Sesi tanya jawab berlangsung dengan aktif. Tak hanya guru, peserta didik pun aktif bertanya terkait hasil penelitian kelompok lain. 

Selain melakukan penelitian, peserta didik kelas X MIA dan IIS melaksanakan Bakti Sosial berupa pemberian sembako kepada kaum dhuafa dan yatim di desa tersebut. Adapun tujuan dari Baksos ini adalah untuk melatih peserta didik memiliki kesalehan sosial. [im]