Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Semaraknya Project dan Pameran Funtastic BS MA Pembangunan Jakarta

Madrasah Aliyah (MA) Pembangunan Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Pameran Project Funtastic BS 2023, Sabtu (21/10). Kegiatan tersebut menjadi ajang untuk menggali potensi dan kreativitas bagi para peserta didik, khususnya tingkat MA.

 

Pameran ini digelar bersamaan dengan pembagian rapor STS (Sumatif Tengah Semester) kelas X dan rapor PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas XI dan XII. Acara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dengan teknis sebelum atau setelah pembagian raport peserta didik beserta orang tua mengunjungi pameran dan stan yang telah disediakan.

 

Beragam kegiatan dan project menarik ditawarkan di stan, seperti  stan tote bag yang telah dilukis karya kelas X, project P5RA kelas X (membuat sabun cair, hand sanitizer, disinfektan), project lubang jarum hasil karya kelas XI MIA, project kampanye gerakan udara bersih dan sehat oleh kelas XII MIA, foto-foto yang dibingkai rapi dengan tema local wisdom as reflection human being hasil jepretan kelas XII IIS, dan project infografis mata pelajaran terintegrasi karya XI IIS.

 

Kemudian, yang tidak kalah menarik adalah dengan adanya penampilan dari beberapa ekskul seperti ekskul band yang memeriahkan pameran dari awal sampai akhir, display karya daur ulang Mata Pelajaran Biologi. Selain itu, pengunjung dimanjakan dengan dekorasi yang sangat menarik. Hal ini karena, ketika memasuki area pameran pengunjung langsung disuguhkan dengan poster-poster Short Movie karya peserta didik kelas X, XI, dan XII yang tersusun rapi di mading sekolah. Selain itu, terdapat pula gapura selamat datang yang dibuat oleh Tim Pramuka BS dengan menggunakan toya dan tali.

 

Kepala Madrasah Aliyah Pembangunan Zakariya mengapresiasi penyelenggaraan Pameran Project Funtastic BS kali ini. Ia menilai kegiatan ini memberikan dampak yang sangat positif bagi para siswa. Dalam kegiatan ini para peserta didik diminta untuk aktif turut serta dan menampilkan karya-karya terbaiknya. "Kegiatan di hari Sabtu ini adalah serangkaian kegiatan Funtastic BS, ada pameran PJBL dan P52RA sebagai bentuk hasil belajar/karya anak-anak kita. Kita ingin anak-anak berkarya, makanya, hari ini kita lihat di sana banyak pameran fotografi, pembuatan handsanitizer dan yang lainnya," ujar Zakariya.

 

 Zakariya juga menambahkan bahwa Sabtu ini cukup komprehensif, disajikan pameran karya peserta didik dan dewan guru juga, untuk siswa ada pameran untuk mata pelajaran Agama, Bahasa, IPA, IPS, dan ada tampilan ekskul juga. Sedangkan untuk guru berupa karya tulis (buku dan hasil riset) pun tidak luput ditampilkan. 

 

Funtastic BS adalah kegiatan yang sudah menjadi trade mark MA Pembangunan ini selalu dinantikan tiap tahunnya. "Kami berharap madrasah ini semakin maju di bidang akademik dan nonakademik. Karena tantangan yang akan datang anak-anak dituntut untuk multitalent, cerdas spiritual, akademik, dan soft skill yang dapat mendukung perkembangan zaman," tuturnya. [er]