Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Sharing Keagamaan Bulanan

Selain mengadakan khataman Qur’an bulanan, MA Pembangunan UIN mengadakan kajian keagamaan untuk dewan guru. Kegiatan bulanan ini dilaksanakan setiap Jum’at pada minggu keempat dan  menghadirkan guru-guru agama MA sebagai narasumbernya. Sharing yang dilanjutkan dengan diskusi ini berlangsung lebih kurang 60 menit. Dewan guru MA mengikuti kegiatan dengan aktif dan antusias.

 

Selama ini, kajian keagamaan telah dilakukan sebanyak 3 kali. Kali pertama dilaksanakan Jum’at (25/08) bersama Yayat Hidayatul Muttaqin, S.Pd.I. sebagai narasumber. Ia menyampaikan materi tentang keutamaan Alquran. Kajian kedua pada September, Jumat (25/9), ia mengambil tema rahasia shalat dhuha. Pada kajian ketiga, Jum’at (23/10) dengan pemateri Dwi Kurniawan, S.Pd.I. yang  berbagi sejarah singkat terjadinya perbedaan faham dalam Islam.

 

Kepala MA Pembangunan, Zakariya, M.A., menyampaikan bahwa  tujuan program kajian keagamaan dewan guru MA adalah untuk mencari ridha Allah Swt. dan upaya membiasakan cinta dan gemar menimba ilmu keagamaan, serta memberikan teladan bagi peserta didik. 

 

Setelah mendapatkan ilmu keagamaan diharapkan dewan guru dapat memberikan pencerahan kepada peserta didik. “Selain itu, kajian agama ini juga untuk menanamkan nilai-nilai spiritual ke dalam jiwa setiap guru dan karyawan MA Pembangunan”, ungkap Zakaria.

 

Guru MA, Zaki Mubarok, M.Pd. menambahkan, “kajian agama di Aliyah bagus banget agar kita (guru-guru) tetap istiqomah dalam beribadah serta dapat meningkatkan pengetahuan agama, khususnya kalangan guru pengajar mapel umum seperti saya.” ungkapnya. [im]