Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Sosialisasi PJJ kepada Orang Tua

MA Pembangunan mengadakan sosialisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kepada orang tua/wali peserta didik kelas X, XI dan XII melalui aplikasi Zoom Meeting selama dua hari, Jumat-Sabtu (10-11/7). MA Pembangunan merasa perlu melakukan sosialisasi PJJ kepada orang tua/wali peserta didik karena terkait ditetapkannya KBM tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan dengan PJJ. Hal tersebut dikarenakan orang tua lah yang akan menjadi rekanan guru dan sekolah. Orang tua harus siap memberikan pendampingan, dukungan, dan bantuan untuk putra/putrinya selama belajar di rumah.

  

Dalam sosialisasi ini, orang tua/wali peserta didik diberikan informasi yang lengkap dan menyeluruh mengenai proses pembelajaran di rumah. Di antaranya sistem daring luring, yang mungkin baru bagi sebagian orang tua/wali peserta didik dan metode penugasan yang tidak membebani peserta didik.

 

Salah seorang wali peserta didik kelas XI, Bapak Erwin Indriyanto,S.E., M.E., Ak.,CA., CTA.,  berpendapat, “Persiapan menjelang dimulainya PJJ di MA sudah sangat baik dan matang. Ini terlihat dari sosialisasi kepada orang tua/wali murid melalui zoom meeting ini. Dengan pembelajaran full online yang diterapkan selama ini cukup menjadikan anak-anak mandiri belajar di tengah pandemi Covid-19. Ini terlihat dari anak-anak yang tetap bertanggung jawab atas tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu guru mata pelajaran, tanpa orang tua menyuruh mereka untuk mengerjakannya. Kombinasi daring dan luring menjadi kekuatan tersendiri dengan tanpa mengurangi kualitas pembelajaran oleh bapak dan ibu guru MA. Pada saat daring anak-anak antusias memperhatikan materi yang disampaikan dan pada saat luring mereka secara mandiri mencari informasi di dalam google classroom terkait materi maupun tugas yang harus mereka kerjakan.”

 

Sukses selalu MA Pembangunan, semoga ini menjadi cikal bakal pembelajaran Blended Learning setelah pandemi Covid-19 ini berlalu. Semoga seluruh civitas akademika MA Pembangunan diberikan kesehatan. Aamiin. [im]