Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Taib Izzat Diterima ITS Melalui Jalur Prestasi

Taib Izzat Samawi, peserta didik MA Pembangunan dengan segudang prestasi, diterima di Jurusan Teknik Informatika kelas Internasional ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) melalui jalur Prestasi. Izzat berhasil meraih juara pertama dalam lomba video tingkat nasional dan bahasa Inggris selama 3 tahun ini. Pada proses seleksinya, Izzat menyerahkan portofolio berupa nilai rapor, daftar prestasi dan sertifikat TOEFL ITP. Setelah lulus seleksi berkas dan wawancara, akhirnya pada Rabu (15/6) diumumkan bahwa Izzat diterima. 

 

Teknik Informatika kelas Internasional ITS atau dikenal juga dengan ITS IUP (International Undergraduate Program) menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar perkuliahannya. Mahasiswa juga diwajibkan mengikuti kegiatan eksposur Internasional. Kegiatan tersebut dapat berupa Student Exchange, short program, riset atau double degree bersama universitas mitra di luar negeri. Untuk Izzat sendiri, dia mengharapkan dapat mengikuti program double degree di University of Queensland di Australia.  

 

Dalam memilih universitas yang akan dituju, Izzat melakukan riset yang cukup mendalam. Disampaikan bahwa peluang magang dan pertukaran pelajar di ITS cukup menjanjikan dibandingkan universitas lain di Indonesia. 

 

Izzat berpesan, “Untuk teman-teman kelas XI dan X, mulailah berambisi untuk mengejar prestasi dan mulai mengerjakan materi UTBK/ seleksi masuk universitas. Karena masa-masa di Aliyah bisa dibilang salah satu turning point terbesar dalam hidup, jadi manfaatkan sebaik mungkin. Selain itu, harus melakukan riset secara dalam mengenai universitas yang ingin dituju. Cocokkan minat dan bakat dengan kelebihan yang dimiliki universitas tersebut. Jangan lupa, jaga kesehatan! Sesiap apa pun, kalau tiba-tiba kurang fit karena hal tertentu tidak ada gunanya perjuangan kalian. Yang terakhir, sering berdoa dan jangan lupa beribadah.” [im]