Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

The Spirit of Millennial Warriors in Madrasah

Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) adalah masa pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru kelas X. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting selama 3 hari (13–15/7). Acara diawali dengan habitual curriculum dalam kelompok kecil, lalu peserta didik diarahkan masuk ke zoom terpusat untuk setiap kegiatan . Sebanyak 103 peserta didik (IIS dan MIA) mengikuti acara ini.

 

Tema yang diusung adalah “The Spirit of Millennial Warriors in Madrasah”. Panitia yang terdiri dari perwakilan guru dan OSIS ini berharap bahwa peserta didik baru di MA Pembangunan dapat menjadi milenial yang mempunyai semangat juang tinggi.

  

Melakukan pengenalan lingkungan sekolah secara daring mempunyai tantangan yang cukup berat. Panitia diharuskan meramu acara agar selalu menarik,  tidak membosankan, dan menyenangkan. Misalnya, melakukan ice breaking, sharing interaktif dengan alumni melalui video serta pengenalan dewan guru melalui video pass challenge.

 

Dalam evaluasi melalui google form, sebanyak 70,9% peserta didik setuju bahwa konsep Matsama sangat menarik. Mereka juga berpendapat bahwa pelayanan yang diberikan para mentor sangat baik. Para pengisi acara mampu menyampaikan informasi dengan sangat baik.

 

 “Semoga Matsama yang akan datang lebih baik lagi pelaksanaannya dan lebih sabar lagi untuk menghadapi siswa baru. Acaranya lebih menarik dan lebih seru, serta lebih nyaman dalam mengikuti Matsama. Pokoknya, Matsama tahun ini seru, tapi yang kurang itu ga bisa ketemu langsung, padahal mau saling kenal.” ungkap Maulana Emir Ramadhani.

 

Hal senada disampaikan oleh Malva Zafirah P. “Matsamanya seru, banyak gamenya.  Jadi, ga bosan. Kakak-kakak OSIS nya juga ramah, baik. Cuma mungkin bakalan lebih seru, kalo Matsama langsung di sekolah.” ucap Malva. [im]