Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Ujian Madrasah MA

Peserta didik MA Pembangunan kelas XII MIA dan IIS melaksanakan Ujian Madrasah, pada Senin - Kamis (15-25/3) secara daring. Sebanyak 18 mata pelajaran diujikan. Peserta didik menggunakan 2 perangkat, satu untuk login pada aplikasi CBT dan yang satu lagi tergabung dalam Zoom. Kegiatan Habitual Curriculum berupa shalat dhuha dan berdoa bersama tetap dilaksanakan selama ujian. Ujian berlangsung dengan lancar.

 

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No. 1 Tahun 2021, Ujian Nasional (UN) ditiadakan. Kelulusan peserta didik ditentukan oleh satuan pendidikan atau madrasah. Adapun ketentuan kelulusan peserta didik adalah telah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. 

 

“Selama UM ini, alhamdulillah saya tidak mengalami kendala. Ujian menggunakan 2 device merupakan salah satu cara untuk melatih kejujuran peserta didik karena merasa diawasi. Terkait kelulusan yang ditentukan oleh madrasah, saya tidak terlalu cemas karena nilainya akumulasi dan saya telah berusaha maksimal. Tetapi kalau ujiannya offline, sepertinya jadi lebih tertantang dan lebih semangat belajarnya.” ungkap Fara Tisha (XII IIS 1).  [im]