Profil Madrasah Pembangunan

Blog Details

Wisata Berkah Kelas XII: Berkunjung ke Berbagai Universitas Negeri

MA Pembangunan Jakarta mengadakan kegiatan Wisata Berkah dengan tujuan Depok, Yogyakarta, dan Malang. Terdapat 127 peserta didik MIA dan IIS, serta 16 guru pendamping yang mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan selama lima hari (22-26/01). Tujuan utama dari wisata berkah kali ini yaitu Goes to Campus antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Brawijaya. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengalaman dan wawasan peserta didik tentang kampus yang dituju. Selain itu, beberapa objek wisata juga dikunjungi antara lain Jatim Park 1, Museum Angkut, dan Bromo. 

 

Agenda pertama wisata berkah kali ini adalah berkunjung ke Universitas Indonesia. Di sana peserta didik disambut dengan sangat baik. Setelah dari UI, rombongan MA Pembangunan Jakarta langsung melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Kali ini kampus yang mereka datangi adalah Universitas Gajah Mada dan diterima secara resmi oleh pihak kampus. Setelahnya, mereka berkunjung ke Museum Angkut dan malam harinya mereka berkesempatan untuk menikmati indahnya suasana Malioboro. Keesokan harinya rombongan MA Pembangunan melanjutkan perjalanan ke Malang dan berkunjung ke Universitas Brawijaya. Di Malang, belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Bromo sebagai destinasi terakhir menikmati indahnya sunrise di pagi hari, berkunjung ke bukit Teletubies, serta berkeliling di pasir berbisik menggunakan kuda yang telah disewa sebelumnya. 

 

Tujuan dari wisata berkah ini adalah untuk memberikan refreshing dari kepadatan belajar di sekolah serta memberikan pembelajaran kepada peserta didik dalam bentuk yang lain. Dalam kegiatan wisata berkah peserta didik belajar bagaimana disiplin dan tepat waktu, bersosialisasi bersama teman dan saling berbagi. 

 

Ibu Halimatussa’diyah salah satu wali kelas XII menyampaikan, “ Perjalanan GTC kemarin sangat berkesan karena anak-anak bisa merasakan dan melihat kampus impian mereka secara langsung mulai dari UI, UGM dan UB dan selama kegiatan GTC banyak informasi yang anak-anak dapatkan terkait perguruan tinggi sehingga membuka wawasan anak-anak terkait perkuliahan. Selain GTC anak-anak juga mendapatkan hiburan seru ketika bermain di Jatim Park 1, Museum angkut dan Bromo. Sehingga mendapatkan dua pengalaman berbeda dalam satu kali perjalanan.”[ER]